Rabu, 30 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Klasifikasi Technical Support di Dalam Perusahaan

Posted: 30 Jan 2013 02:43 AM PST

Technical Support atau dukungan teknis adalah layanan yang diberikan perusahaan (terutama di bidang IT) untuk membantu customer dalam hal konfigurasi, pemakaian dan troubleshooting. Secara umum, dukungan teknis diberikan dalam bentuk email, tiket, SMS, chat, website, dan telepon. Beberapa perusahaan maju dan berkembang biasanya mengkasifikasikan dukungan teknis ke dalam beberapa tingkatan (biasanya 3 tingkatan). Inilah yang disebut dengan multi-tier technical support. Masing-masing tingkatan punya tugas dan tanggung jawab sendiri-sendiri sehingga tugas dan tanggungjawab yang dibebankan bisa didelegasikan dengan baik dan pelayanan kepada customer bisa lebih maksimal. Mari kita simak, siapa tahu bisa diaplikasikan pada bisnis anda ; – ) Level I Level I adalah “garis depan” dalam tingkatan dukungan teknis. Contohnya Customer Support. Personel – personel yang ditempatkan di level ini minimal memiliki pengetahuan umum tentang produk yang ditangani seperti instalasi dan konfigurasi standar. Tugas personel Level I adalah mengumpulkan informasi pelanggan dan menganalisis gejala untuk mencari tahu dasar masalah yang umum seperti reset username, unblok IP address, memperbaiki info subscription, dlsb. Jika masalah membutuhkan penanganan teknis lebih lanjut, maka personel Level I dapat memberikan suggestion kepada customer untuk mengajukan tiket bantuan. Masalah yang terrdapat di tiket bantuan ini nantinya akan dilanjutkan oleh Level II, melalui informasi-informasi yang telah dikumpulkan oleh personel Level I. Level II Personel yang ditugaskan di Level II umumnya disebut dengan Technical Support. Mereka memiliki pengetahuan lebih lanjut dan sertifikasi khusus dalam penanganan teknis. Seperti pertolongan pertama pada downtime server, pemantauan performa server, troubleshooting fitur cPanel problematik, hingga melakukan remote hosting client untuk penanganan lebih dalam. Level III Selain memiliki spesialisasi teknis lanjutan, personel di level ini juga mumpuni menangani system kritis. Level III melakukan evaluasi, analisa, dan memberikan solusi untuk masalah-masalah baru, masalah yang sulit dipecahkan Level II. Level III bekerjasama dengan Level I dan II untuk analisa masalah dan pengumpulan informasi. Jika suatu masalah berakar dari sumber perangkat lunak atau kelemahan desain perangkat keras (misalnya server), maka personil Level III memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikannya dengan pengembang/developer produk tersebut. Personil level III juga memiliki kemampuan untuk konfigurasi ulang, instalasi ulang, dan merancang program tambahan, dengan tetap mempertahankan integritas data di server. Level ini lebih dikenal dengan sebutan Advanced Support.
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

Selasa, 29 Januari 2013

[Tulisan baru] Bekerja Seadanya Saja

Tulisan : Bekerja Seadanya Saja
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/30/bekerja-seadanya-saja/
Terkirim : 30 Januari 2013 pada 9:27 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, opini, Pendidikan, postaday2013
Kategori : Curhat, Opini, Pendidikan

Salah satu kebiasaan buruk yang saya amati adalah bekerja seadanya. Bekerja sekedar memenuhi kewajiban administratif. Kalau disuruh buat laporan, ya buat laporan asal ada laporan. Dia tidak ingin membuat laporan yang excellent. Tidak ingin membuat laporannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mungkin kebiasaan ini dibina sejak jadi mahasiswa, yaitu dibiasakan mengerjakan tugas seadanya. Asal kumpul tugas. Ketika mahasiswa diajari bahwa yang kerja ekstra dan kerja asal-asalan nilainya sama saja. Ngapain juga kerja ekstra? Ini kemudian terbawa juga setelah bekerja.

Padahal orang akan menilai beda; orang yang asal-asalan dan orang yang serius dan mencintai pekerjaannya. Jelas berbeda!

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/30/bekerja-seadanya-saja/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Lug%7Eew8YU-%2FYnAAzDTe%252B8WPYA%26Lz%5DvZ5%3DYfJCq4n%5BTv0h8U5

READ MORE - [Tulisan baru] Bekerja Seadanya Saja

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Indosat, Banjir Jakarta, dan Disaster Recovery

Posted: 28 Jan 2013 11:08 PM PST

“Indosat mampu menjaga kontinuitas layanan data center dalam ketiadaan suplai listrik selama lebih dari 18 jam akibat banjir Jakarta,” kata Fadzri Sentosa. Disaster recovery adalah salah satu hal penting untuk menjaga sebuah layanan tetap sustain. Dari sisi ini, agaknya kita bisa belajar banyak dari Indosat. Pasalnya, ketika bencana banjir melanda Jakarta hingga melumpuhkan operasional beberapa layanan, Indosat mampu mempertahankan kontinuitas layanan data center dalam ketiadaan suplai listrik selama lebih dari 18 jam. Demikian pernyataan yang diungkapkan oleh Fadzri Sentosa, Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat dalam siaran pers hari ini. Jaringan Indosat disusun agar terhubung secara redundant dengan fiber optik,  yang mana di-backup pula dengan jaringan radio dan satelit. Selain itu, layanan Indosat juga dilengkapi dengan redundant UPS dan generator listrik yang mampu menyediakan sumber listrik sementara selama suplai listrik PLN terganggu. “Layanan Indosat telah dilengkapi pula dengan fasilitas pendukung seperti working area dan penginapan bila diperlukan pekerjaan lokasi data center dan DRC,” kata Fadzri. Indosat memang tengah mengembangkan kapasitas data center dan DRC  (Disaster Recovery Center). Di kantor pusat Indosat, area yang disediakan untuk data center seluas 1.000 meter. Adanya penambahan kapasitas sekitar seribu meter ini membuat data center Indosat memiliki area seluas 2.200 meter. Sedangkan untuk DRC telah disiapkan area seluas 2 ribu meter. Dari sisi ini, agaknya keputusan jagoanhosting untuk mempercayakan data center Indosat merupakan keputusan yang tepat. Semoga persiapan bencana dan disaster recovery Indosat mampu menjaga layanan partnernya terus sustain dan berkembang. Terimakasih Indosat Sumber: inet.detik.com (rou/fyk)
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

[Tulisan baru] Tuhan dan Komputer

Tulisan : Tuhan dan Komputer
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/29/tuhan-dan-komputer/
Terkirim : 29 Januari 2013 pada 3:23 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : information technology, kuliah, postaday2013, Prosa
Kategori : Prosa, Teknologi Informasi, TI

Ada seorang dosen yang memberikan tugas pengamanan sistem informasi kemahasiswaan kepada mahasiswanya. Sang mahasiswa harus membuat sebuah access control list (ACL) yang membatasi akses ke transkrip mahasiswa. Berikut adalah potongan kode yang dibuat oleh mahasiswa.
if "student" then allow;
if "dosen" then allow;
if "God" then allow;
else deny

Sang dosen kemudian memanggil mahasiswa tersebut.

"Tolong jelaskan ini!", sambil menujuk baris yang ada kata "God".
"Ada masalah apa, pak?" tanya sang mahasiswa.
"Ya, ini. Kok ada God?"
"Loh kan Tuhan ada di mana-mana pak. Mosok Tuhan tidak ada di komputer?"

[dosen pingsan ...]

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/29/tuhan-dan-komputer/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=f%3F2q%7CqG%26-0Z-%7CvtnRfVT3a1c%7ClVYceENacY%2B%3FHd9_IDYN%5DFo3

READ MORE - [Tulisan baru] Tuhan dan Komputer

Senin, 28 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Menghitung Tingkat Kepuasan Pelanggan melalui NPS

Posted: 27 Jan 2013 09:15 PM PST

Kepuasan pelanggan. Setiap layanan pasti ingin tahu di mana posisi mereka. Namun bagaimana caranya? Beberapa layanan menerapkan survey pada pelanggan. Namun form kuesioner yang diberikan kadang mengganggu. Berisi begitu banyak pertanyaan yang diulang-ulang. Pelanggan pun jadi tidak nyaman. Feedback yang mereka berikan akhirnya jadi bias, tidak benar-benar merepresentasikan kepuasan mereka terhadap layanan kita. Maka Fred Reichheld mengembangkan sebuah metode efektif untuk mengukur dan mengontrol tingkat kepuasan pelanggan. Namanya adalah NPS (Net Promoter Score). Formatnya masih dalam bentuk kuesioner. Namun lebih rapi, terstruktur, dan dapat dihitung. Di dalam NPS, tipe-tipe pelanggan dapat dibedakan menjadi: 1. Promoter: pelanggan yang antusias terhadap produk Anda dan akan terus membeli. Mereka dengan senang hati akan mereferensikan produk Anda kepada sahabat-sahabatnya. 2. Passive: pelanggan yang puas dengan produk Anda namun tidak antusias dan bisa jadi sewaktu-waktu akan pindah ke produk lain jika menemukan deal yang lebih menarik. 3. Detractor: pelanggan yang memiliki pengalaman kurang baik terhadap produk Anda dan bila ada kesempatan akan menyebarkan berita negatif tentang produk anda (negative word of mouth). Sebelum menyajikan “secangkir teh hangat”, agaknya anda perlu tahu dulu tipe-tipe pelanggan anda masuk ke mana agar dapat menyesuaikan hidangan yang harus anda sajikan. Untuk mengetahui jumlah pelanggan yang menempati posisi-posisi tersebut, anda cukup memberikan 1 pertanyaan pamungkas. Yaitu: “Seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan produk kami kepada rekan Anda?” Respon pelanggan kemudian diukur dengan skala 0-10.  Promoter berada pada skala 9-10 . Passive: 7-8. Sedangkan Detractor: 0-6. Kemudian pertanyaan tersebut boleh diikuti dengan pertanyaan yang bertujuan untuk penyelidikan, seperti: “Apa alasan Anda memberikan score tersebut?” atau “Perbaikan apa yang perlu kami lakukan agar dapat mendekati nilai 10?” Survey ini dapat anda lakukan secara berkala atau based on transaction. Setelah angkanya berhasil anda kumpulkan, maka saatnya menghitung berapa NPS anda. Rumusnya adalah: % Promoter – % Detractor = NPS Persentase promoter dikurangi dengan persentase detractor adalah nilai NPS anda. Dalam hal ini passive tidak dimasukkan dalam hitungan. Karena pelanggan passive adalah pelanggan yang masih berpotensi menjadi promoter atau detractor. Kemudian jadi tugas andalah untuk meyakinkan pelanggan passive dan detractor agar menjadi promoter. Dari nilai NPS di atas akhirnya kita tahu berapa prosentase kepuasan pelanggan kita. Jika nilai NPS kita mencapai 100%, artinya semua pelanggan kita adalah promoter. Apple (Hardware Komputer) punya 72%, Google (mesin pencarian) 53%, Amazon (situs belanja online) 70%. *berdasarkan survey Satmetrix 2011 Sekarang, anda sudah punya metode terpadu untuk mengevaluasi kinerja anda dan memperbaiki performa perusahaan anda hingga mencapai performa yang maksimal. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat menerapkannya pada bisnis anda Pustaka:  Sumardy, Marlin Silviana, Harsono. 2011. Customer Loyalty Playbook. Jakarta: Upnormals Publishing.
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

Minggu, 27 Januari 2013

[Tulisan baru] Kurang Berpikir

Tulisan : Kurang Berpikir
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/28/kurang-berpikir/
Terkirim : 28 Januari 2013 pada 1:46 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, postaday2013
Kategori : Curhat

Ada satu pekerjaan yang penting, yaitu berpikir. Pekerjaan ini seringkali harus dilakukan dengan terdiam, meskipun ada juga orang yang harus bergerak untuk memikir. Duduk. Tafakur. Sayangnya orang yang duduk terdiam itu seringkali diasosiasikan dengan tidak bekerja, nanggur, dan malas-malasan.

Saya sendiri sering kesal kalau tidak menghasilkan sesuatu. Harus nulis. Bahkan membacapun kadang saya anggap tidak produktif. Artinya saya sendiri tidak menghargai berpikir. Wah wah wah. Kok gawat begini.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/28/kurang-berpikir/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=LLPBD6p2FYJde40jhlf%3D%26cDcep%2C%3F%3DI%2BsSFke4OX1hjxUwcL%2CvI

READ MORE - [Tulisan baru] Kurang Berpikir

[Tulisan baru] Apa Yang Diharapkan Dari Jejaring Sosial?

Tulisan : Apa Yang Diharapkan Dari Jejaring Sosial?
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/27/apa-yang-diharapkan-dari-jejaring-sosial/
Terkirim : 27 Januari 2013 pada 7:43 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : information technology, jejaring sosial, postaday2013, social network, Teknologi Informasi
Kategori : Teknologi Informasi, TI

Ada pertanyaan yang menarik sebagai berikut

> Ketika kita masuk ke jejaring sosial (seperti Facebook, twitter dan kawan-kawannya), sebetulnya apa yang kita harapkan?

Yang dimaksudkan dengan "harapkan" di atas itu mungkin lebih ke arah nantikan, ngarep, pengen. Misalnya, apakah Anda ingin melihat komentar yang ada terkait dengan perubahaan status Anda? Atau Anda tertarik dengan status kawan-kawan Anda? Atau Anda mencari yang lucu-lucu?

Terus terang, saya sendiri menggunakan jejaring sosial untuk mengetahui berita terkini. Saya tidak membaca surat kabar dan saya juga tidak menonton TV Indonesia. Alasannya adalah isinya sama dan terlalu bombastis. Mana seringkali yang membawa acaranya tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya dulu. (Know nothing about the subject.) Maka lebih efektif menggunakan jejaring sosial untuk skimming tentang kondisi yang ada saat ini :)

Jadi yang Anda nanti-nantikan ketika membuka jejaring sosial?

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/27/apa-yang-diharapkan-dari-jejaring-sosial/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Cu-4%5BS%2BB%7CVseO8%7Ei5su%26oni.nOxKfqimvY%5BP%25Hq%7C%5Bt6%2BUJ4MY%5D

READ MORE - [Tulisan baru] Apa Yang Diharapkan Dari Jejaring Sosial?

Sabtu, 26 Januari 2013

[Tulisan baru] Langit Seputar Bandung

Tulisan : Langit Seputar Bandung
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/27/langit-seputar-bandung/
Terkirim : 27 Januari 2013 pada 9:22 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : bandung, foto, postaday2013
Kategori : foto

Bandung akhir-akhir ini hujan terus. Begitu terang, ini kesempatan untuk mengabadikan langit. Pagi ini saya berlari ke luar untuk mencari foto lagi yang bagus. Eh, saya melihat awan yang menyelimuti gunung nun di kejauhan sana. Sayang sekali saya tidak punya kamera yang bagus (DSLR atau sejenisnya), tapi masih lumayan asyik lah.

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/foto1654-bandung-sky-10002.jpg&h=275

Kalau yang di bawah ini adalah foto pagi kemarin. Asyik juga.

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/cimg4088-bandung-sky-10001.jpg&h=307

Selamat pagi ...

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/27/langit-seputar-bandung/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=LC-UX%2FnzsbN_O8%7EiFCPIuH%2FYY.%5BU%5BysQVn8a2FG%3F2gBAs-BnCO

READ MORE - [Tulisan baru] Langit Seputar Bandung

[Tulisan baru] Kontroversi Perayaan Maulid Nabi

Tulisan : Kontroversi Perayaan Maulid Nabi
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/27/kontroversi-perayaan-maulid-nabi/
Terkirim : 27 Januari 2013 pada 6:11 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Islam, postaday2013
Kategori : Islam

Mengapa kita dilarang untuk merayakan Maulid Nabi, yang notabene adalah merayakan hari lahirnya Nabi Muhammad (saw)? Sementara kita merayakan ulang tahun anak kita, orang tua kita, keluarga dekat kita?

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/27/kontroversi-perayaan-maulid-nabi/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=CuemosV%5DRfIzJL%3D%2FVSUEx%25AnpP4GhG9Z9a0.0jyX%7EP%5BKT%5B1e4%25

READ MORE - [Tulisan baru] Kontroversi Perayaan Maulid Nabi

Jumat, 25 Januari 2013

[Tulisan baru] Foto-foto Hari Ini

Tulisan : Foto-foto Hari Ini
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/26/foto-foto-hari-ini-3/
Terkirim : 26 Januari 2013 pada 1:01 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : food, foto, postaday2013
Kategori : food, foto

Weekend adalah waktunya memasang foto di blog. Eh, sekalian juga waktunya untuk memotret. Pagi ini ada kesempatan ke luar, ke bengkel. Dalam perjalanan pulang berhenti sebentar untuk memotret langit ini. Tempatnya di dekat rumah saja.

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/cimg4087-sky-1000.jpg&h=314

Setelah itu lihat di meja makan ada ini. Mau? he he he.

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/foto1642-kastengels-10001.jpg&h=275

Setelah ini mau motret apa lagi ya?

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/26/foto-foto-hari-ini-3/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Ld3Hd54OCv%3Fde40%26qae%7C%5Bni.nOxKfqimvY%5BP%25Hq%7C%5Bt.xAT9JQl

READ MORE - [Tulisan baru] Foto-foto Hari Ini

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Belajar Dasar jQuery dari Awal

Posted: 24 Jan 2013 08:30 PM PST

jQuery adalah sebuah framework yang menghubungkan interaksi antara Javascript dengan HTML. jQuery pertama kali dirilis pada tahun 2006 oleh John Resig. Sesuai dengan slogan jQuery "Write less do more", jQuery dalam perkembangannya mampu membuat penulisan coding jadi lebih ringkas, namun menghasilkan interaksi yang lebih halus dan memuaskan. Tampaknya inilah yang menjadikan banyak sekali developer web jatuh cinta padanya. Apa saja yang bisa dilakukan jQuery? 1. Mengakses bagian halaman tertentu dengan mudah. Tanpa adanya library Javascript khusus, user harus mengikuti aturan Document Object Model (DOM) untuk membuka bagian tertentu dari suatu halaman. Dengan kata lain, pengaksesan bagian tertentu sangat tergantung pada struktur HTML. Nah, jQuery membuat bagian yang ingin anda akses tersebut tidak perlu bergantung pada struktur HTML. 2. Menutup kompatibilitas antara browser dengan CSS. CSS (Cascading Style Sheet) menawarkan metode yang cukup handal untuk mengatur dan mempercantik halaman web. Namun CSS kadang punya kelemahan yang cukup mengganggu. Yaitu beberapa perintah CSS tidak didukung oleh semua browser. Disini, jQuery menawarkan solusi untuk melingkupi kode CSS yang tidak kompatibel dengan browser. 3. Mengubah konten suatu halaman dengan lebih mudah. Sebelum ada JQuery bagi saya rasanya cukup sulit jika kita ingin update sebagian isi dari sebuah halaman. Update disini berarti mengganti, menambahkan teks / gambar, mengurutkan daftar (list), menghapus baris tabel dan lain sebagainya. Dengan jQuery, semua tanggungan tersebut dapat dilakukan cukup dengan beberapa baris perintah. 4. Memudahkan interaksi user di dalam halaman. Tampilan yang cantik masih belum cukup untuk membuat website yang “baik”. Website anda juga harus lebih interaktif. Misalnya user dapat berinteraksi dengan mengatur tampilan website sendiri. Di sini diperlukan pemrograman untuk menangani event-handling. Javascript memiliki beberapa event-handling, misalnya onclick untuk menangani event saat terjadi click. Namun sayangnya event-handling di Javascript terbatas pada object-object tertentu. Jenis-jenisnya pun terbatas. jQuery melengkapinya dengan tambahan penanganan event-handling yang semakin mudah. 5. Menambahkan animasi ke halaman. Terus terang, saya dulu masih sering menggunakan Flash atau GIF untuk menimbulkan efek animasi. Keduanya memberatkan load website, sekaligus sekarang sudah bukan jamannya lagi. jQuery menawarkan konsep animasi (meskipun sekarang masih sederhana) yang cukup apik namun ramah bandwidth. Misalnya animasi fading untuk membuat suatu bagian dari halaman menghilang. 6. Pindah halaman tanpa perlu refresh. Mungkin kita pernah membuka suatu website yang tidak perlu refresh ketika kita pindah halaman. Konsep tersebut adalah dasar dari AJAX (Asynchronous Javascript and XML). Pada penerapannya, cukup sulit jika kita harus membangun website dari awal dengan konsep AJAX, apalagi jika website anda sudah jadi. Di sinilah anda dapat memanfaatkan sistem jQuery. Di bawah ini ada beberapa contoh script yang dapat anda gunakan untuk belajar jQuery dari awal. Selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri. 1. find() Anda bisa gunakan fungsi ini untuk mengambil / menemukan sebuah tag html dalam suatu halaman. Dalam penerapannya biasa digabungkan dengan fungsi lain seperti css(), addClass(), removeClass(), dll. [crayon-51023f6554947/] Demo 2. addClass() Fungsi ini biasa digunakan untuk menambahkan class CSS pada tag HTML. [crayon-51023f655498a/] Demo 3. removeClass() Fungsi ini merupakan kebalikan dari addClass. Di mana kita gunakan untuk menghapus class dari suatu tag HTML. [crayon-51023f65549ca/] Demo 4. toggleClass() Fungsi ini digunakan untuk menambah atau menghapus class pada objek tertentu. Contoh di bawah ini jika kita gabungkan dengan fungsi click() . Sehingga saat pertama kali diklik, tag <p> akan diberi class highlight. Kemudian saat di klik lagi, class highlight akan di hapus. [crayon-51023f6554a0b/] Demo 5. html() Fungsi ini digunakan untuk menambahkan isi dari tag HTML yang diinginkan. [crayon-51023f6554a4b/] Demo 6. val() Val() berfungsi untuk mendapatkan nilai / isi dari tag HTML secara dinamis. [crayon-51023f6554a8b/] Demo 7. show() Fungsinya untuk menampilkan element yang kita inginkan. Biasanya sebelum di tampilkan, defaultnya  tag HTML kita sembunyikan dengan memberi fungsi CSS “display:none”. [crayon-51023f6554acb/] Demo Demikian beberapa script basic jQuery. Semoga bermanfaat
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

Kamis, 24 Januari 2013

[Tulisan baru] Mau?

Tulisan : Mau?
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/25/mau-90/
Terkirim : 25 Januari 2013 pada 10:55 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : food, foto, postaday2013
Kategori : food, foto

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/foto1628-lauk-1000.jpg&h=275

Kelihatannya enak ya? Ini tidak enak, tetapi ... ueeenaaakkk banget. he he he. Hanya ada masalah bagi saya, yaitu cabenya. Perut saya tidak kuat terhadap cabe itu. Jadi saya hanya mengambil yang aman-aman saja, yang tanpa cabe. hik hik hik

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/25/mau-90/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Lce%26oS6VnmzbP%25h%5Bf5%2BcP_-JaHLX%2C17oMpxE%2CpNb6EW%7CE_z_Xp

READ MORE - [Tulisan baru] Mau?

Rabu, 23 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Festival Animasi 2013 Diselenggarakan di Surabaya!

Posted: 22 Jan 2013 11:13 PM PST

Animasi bisa dibilang merupakan sebuah lahan bisnis yang menjanjikan. Sebab target pasarnya melingkupi segala usia; mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sayangnya, di negeri kita tampaknya geliat animasi masih belum begitu populer. Maka Relawan TIK bersama partner-partner informatika lainnya mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan Festival Animasi 2013. Hajatan akbar bagi para animator ini akan diselenggarakan besok, tanggal 12 – 17 Februari 2013 di BG Junction – Surabaya. Di sini, anda (peserta) dapat mengikuti serangkaian workshop, seminar, hingga Jamming Session bersama pakar-pakar di dunia animasi. Materinya meliputi Motion Capture, 3D Modelling, Animasi HTML5, Sound Effect hingga penulisan Skenario. Anda juga bisa mendaftar dalam lomba animasi & motion capture on the spot berhadiah jutaan rupiah. Anda bisa berjumpa dengan tim JagoanWeb kami yang akan menjadi pemateri dalam Workshop "Animasi dengan HTML5 dan CSS3". Jadi, jangan sampai ketinggalan ya. Segera daftarkan diri anda. Kunjungi website www.festivalanimasi.com untuk info lebih lengkapnya. Sampai jumpa di Festival Animasi 2013 besok
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

[Tulisan baru] Want Something, But Do Nothing

Tulisan : Want Something, But Do Nothing
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/24/want-something-but-do-nothing/
Terkirim : 24 Januari 2013 pada 8:27 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, opini, postaday2013
Kategori : Curhat

Saya melihat banyak orang yang banyak maunya tapi tidak mau bekerja untuk mencapai itu. Mereka hanya ingin mendapatkan suksesnya tanpa mau berjuang untuk mendapatkannya. Misalnya, ada yang bingung kenapa dua orang bisa membuat Yahoo! atau Google. Padahal kalau diikuti, ya tidak ada anehnya. Mereka mengerjakan banyak hal. Do something. Correction, do many things!

Ada banyak startup yang berhasil. Lebih banyak lagi yang gagal. Sebagian besar kegagalan karena kurang usaha. Tetapi tentu saja ada faktor keberuntungan. Maka lantas kita ramai-ramai menyalahkan keberuntungan yang tidak mampir ke tempat kita. Tapi orang lupa bahwa keberuntungan hanya datang kepada orang yang berusaha. Banyak berusaha.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/24/want-something-but-do-nothing/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=C23Bl%26YO2t%3D7NbjeKg85%26UdP_I%2BJugaRptOVGJ%3FQzXVDl%5Bv9N

READ MORE - [Tulisan baru] Want Something, But Do Nothing

[Tulisan baru] (Foto) Kelas Pagi Ini

Tulisan : (Foto) Kelas Pagi Ini
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/23/foto-kelas-pagi-ini/
Terkirim : 23 Januari 2013 pada 10:26 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : foto, ITB, kuliah, postaday2013
Kategori : foto, kuliah

Kalau kemarin saya lupa memotret situasi kelas, maka tadi pagi (eh kalau jam 11 itu sudah termasuk siang ya?) saya potret kelas Keamanan Informasi Lanjut (S2). Ini dia hasilnya.

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/foto1626-mahasiswa-1000.jpg&h=275 http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/foto1627-mahasiswa-1000.jpg&h=275

Mahasiswa masih bisa tersenyum karena perkuliahan baru dimulai. Belum ada tugas-tugas. Nah mungkin minggu-minggu depan senyum mulai menghilang dan dinggantikan dengan sakit kepala. He he he.

Selamat belajara.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/23/foto-kelas-pagi-ini/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=aauz%7E%7EzaB4TQq%7CpeN24sqNCuGqiEtHHzYYtQqpXTRQHErA%5D%3F%2F

READ MORE - [Tulisan baru] (Foto) Kelas Pagi Ini

[Tulisan baru] Iklan di WordPress.com

Tulisan : Iklan di WordPress.com
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/23/iklan-di-wordpress-com/
Terkirim : 23 Januari 2013 pada 8:54 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, postaday2013
Kategori : Curhat

Sekarang baru nyadar bahwa layanan gratisan wordpress.com ini menampilkan iklan (ads). Jadi kalau Anda melihat iklan di halaman ini, jangan heran. Mudah-mudahan Anda tidak terlalu terganggu dengan iklan-iklan tersebut. Saya tidak mendapatkan apa-apa dari iklan tersebut, selain dari layanan gratis ini.

Okelah. Tapi ini mulai mengkhawatirkan. Lama-kalamaan dia (wordpress) bisa ngaku-ngaku bankrut terus menutup layanan gratisannya, seperti multiply.com. Hmmm... kok jadi serem ya.

Agar tidak ada iklan, saya harus berlangganan wordpress.com. Wah, bayar saja atau gak ya?

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/23/iklan-di-wordpress-com/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Lu%3D70Uw0%7C6VWe4YkuwoFrRVWPYA%26Lz%5DvZ5%3DYfJCq4nE%3F7uYCkp

READ MORE - [Tulisan baru] Iklan di WordPress.com

Selasa, 22 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Bagaimana Membentuk Budaya Kerja yang Positif

Posted: 21 Jan 2013 09:32 PM PST

Sejak berdirinya sebuah perusahaan, entah disadari atau tidak, sebuah kultur / budaya kerja pasti juga akan berkembang di dalam perusahaan tersebut. Jika perusahaan berkembang dengan baik, mungkin culture yang dirawat sudah benar. Namun bagaimana jika tidak? Maka leader perlu bergerak cepat untuk memikirkan sebuah kultur baru yang lebih sinergi dengan visi dan misi perusahaan. Tetapi perkara mengubah kultur itu tidaklah semudah menjentikkan jari. Mengubah kultur sama dengan merombak sistem yang sudah berjalan. Tidak mudah, tetapi bukan juga tidak mungkin. Bagaimana memulainya? Anda bisa sesuaikan dengan style anda. Contohnya gaya mantan CEO Samsung, Lee Kun Hee. Jengkel akibat reputasi Samsung yang dicap sebagai produsen elektronik murah “kelas dua”, pada tahun 1993 Lee mengumpulkan seluruh pegawainya dalam satu aula besar. Dia membawa produk Samsung yang paling mahal dan canggih kemudian menghancurkannya. Hal ini sebagai simbolis bahwa budaya lama harus ditinggalkan. Lee memerintahkan reformasi besar-besaran dan mengatakan pada pegawainya untuk “mengubah segala aspek kecuali istri dan anakmu”. Samsung dengan kultur yang baru tidak akan lagi memproduksi barang murah yang mudah rusak. Seketika itu, seluruh pegawai bersorak sorai dan keluar dari aula dengan semangat yang terbarukan. Taktik ini terbukti efektif ketika bertahun-tahun berikutnya, Samsung terbukti menjadi konglomerat multinasional yang bertanggungjawab atas seperlima GDP Korea Selatan. Setelah pondasi dari sebuah kultur terbentuk, barulah sebagai leader anda bisa mulai memastikan bagaimana kultur tersebut bisa tetap berjalan. Caranya sama dengan bagaimana kita menegakkan suatu sistem. Ada 4 hal yang diperlukan di sini. Yaitu: 1. Adanya reward & punishment Melalui reward punishment yang jelas, akan dibentuk sebuah budaya dimana karyawan akan berfikir lebih dahulu sebelum bertindak. Maka di masa depan tidak ada lagi broken window (efek domino akibat masalah yang diendapkan terlalu lama karena kecerobohan, misskomunikasi, dlsb), karena telah dibangun sebuah kultur di mana semua pekerjaan harus dikerjakan secara tuntas. 2. Adanya pembinaan Melalui pembinaan, seorang pegawai akan lebih mengenal kultur yang diterapkan pada perusahaan tersebut. sehingga dia dapat dengan mudah beradaptasi di dalamnya. Ambil contoh Zappos, perusahaan di Amerika Serikat yang terkenal dengan pembinaan kultur selama 5 minggu bagi pegawai barunya. 3. Adanya kontrol Kontrol sangat diperlukan untuk mengetahui apakah kultur yang anda tanamkan masih berjalan di perusahaan atau sudah luntur ditinggalkan. 4. Adanya penegakan Bagaimana bila kultur anda tidak berjalan? Tentu harus ada penegaknya. Kultur akan berjalan ketika penegaknya tegas. Sama dengan sistem akan berjalan jika ada yang menjalankan. Jika kita berbincang tentang kultur, maka menurut saya kita juga harus memperbincangkan Zappos. Produsen merk sepatu dan pakaian di Amerika Serikat ini merupakan sosok ikonik tentang bagaimana kultur perusahaan bisa begitu penting. Bagaimana tidak? Misalnya anda menjadi pegawai baru di Zappos. Setelah masa training anda habis, perusahaan akan memberikan pesangon sebesar $2000 bagi anda yang mengundurkan diri dari Zappos. Uniknya, presentase kemunduran pegawai baru sangatlah kecil di Zappos. Kenapa demikian? Satu resep yang membuat pegawai begitu loyal dan perusahaan begitu maju adalah kultur. Zappos menerapkan kultur happiness dengan beberapa nilai-nilai yang mereka suguhkan. Pegawai boleh mengespresikan kesukaan mereka dan rasa kekeluargaan begitu erat sehingga rekan kerja bagaikan saudara lama. Kebahagian telah mereka dapatkan di kantor. Dan dari kebahagiaan yang tercipta, pegawai dapat bekerja dengan performa yang lebih baik. Kultur positif yang berjalan akan meningkatkan segala proses kerja dan employee engagement perusahaan anda. Jadi, bagaimana dengan perusahaan anda?
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

[Tulisan baru] Kuliah Hari Ini

Tulisan : Kuliah Hari Ini
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/22/kuliah-hari-ini-3/
Terkirim : 22 Januari 2013 pada 5:47 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : kuliah, postaday2013
Kategori : Curhat, kuliah

Hari ini adalah hari pertama kuliah. Mulainya pagi sekali, pukul 7 pagi. Berarti saya harus berangkat dari rumah pukul 6 pagi. Tidak terlalu masalah.

Yang menarik adalah kelas saya pesertanya banyak sekali. Menurut daftar yang saya miliki ada 161 mahasiswa! Ini sih jadi mini konser. he he he. Itu belum lagi ada tambahan mahasiswa yang mau mendaftar (via PRS).

Di kampus kami jumlah kelas dengan kursi yang banyak terbatas sekali. Akhirnya tadi ada beberapa mahasiswa yang duduk di lantai. Padahal tadi yang hadir hanya 141 orang. Nampaknya harus ada 30 orang yang tidak hadir baru kelas ini bisa beroperasi. 30 orang itu sama seperti satu kelas. he he he.

Sayangnya saya kelupaan untuk memotret tadi. Waaa.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/22/kuliah-hari-ini-3/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=fChz%7ETmL5N3%2B%3FCV%2Fk-%2BqG%26U51z%5DPWPn%3F.n5%5DXaC-GQJe%2CLv%26u

READ MORE - [Tulisan baru] Kuliah Hari Ini

Senin, 21 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Seperti Apa SEO Google di Tahun 2013?

Posted: 20 Jan 2013 11:22 PM PST

Trend SEO tidak diragukan lagi akan terus berkembang. Misalnya selama tahun 2012 saja, Google telah meluncurkan banyak perubahan-perubahan yang bisa dikatakan cukup signifikan. Maka di tahun 2013, tren ini masih akan terus berkembang lagi. Namun di tengah perkembangan-perkembangan ini, ada aturan-aturan dasar dan visi yang nampaknya tidak akan berubah. Aturan-aturan dan visi ini bisa anda jadikan sebagai pedoman upaya SEO di tahun 2013. Berikut di antaranya: 1. Geo-lokasi Google bisa diprediksi akan lebih fokus pada hasil pencarian berbasis lokal dan kontekstual. Artinya, hasil pencarian akan lebih ditekankan pada situs-situs dari wilayah negara yang disesuaikan dengan kata kunci yang tepat. Maka, anda juga harus lebih pintar dalam menyesuaikan kata kunci dengan target market dari website anda. 2. Konten Secara mengejutkan, Google menyatakan bahwa konten yang beredar di Internet, 60% di antaranya diklasifikasikan sebagai spam. Maka, konten anda tidak boleh masuk dalam klasifikasi ini. Teknik SEO terbaik adalah menyajikan konten berkualitas yang benar-benar layak untuk dikunjungi, bukan hanya sekedar spam. 3. Selektif dalam Backlink Jika menyangkut dengan backlink, maka kuncinya adalah jadi lebih selektif. Relevansi masih jadi hal terpenting. Memasang backlink berkualitas rendah dan mengarah ke blog spam di website anda, beresiko membuat peringkat SEO anda jatuh. Begitu juga dengan meninggalkan backlink pada situs-situs spam yang tidak punya relevansi dengan website anda. 4. SocMed Social Media seperti Twitter, Facebook, apalagi Google+ juga memegang peranan penting dalam SEO. Meski tidak mempengaruhi SEO secara langsung, namun berbagi pada situs socmed merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan visibilitas anda dan meraih lebih banyak trafik kunjungan. 5. Smartphone User yang datang dari hasil pencarian Google lewat gadget jenis smartphone atau iPad bisa dikatakan lebih pemilih. Apabila website anda nyatanya tidak kompatibel dengan gadget mereka, website anda akan ditinggalkan. Padahal perkembangan gadget jenis smartphone dan iPad bisa dikatakan sangat signifikan. Dan ke depannya pasti semakin banyak orang yang akan mengakses situs anda dari gadget jenis ini. Maka optimasikan situs anda sekarang juga. 6. Panda dan Penguin Beberapa hari setelah diaplikasikan, update pada Panda dan Penguin pasti mendatangkan dampak yang besar dan mimpi buruk bagi banyak situs. Sebab rata-rata 3% dari total website yang beredar di dunia akan kehilangan ranking setiap kali update terbaru dirilis. Algoritma-algoritma ini akan terus-terusan diperbaiki oleh Google hingga seluruh website spam berhasil dipangkas dari hasil pencarian Google. 7. Sejarah Penguin dan Panda Penguin diperkenalkan pada 24 April 2012 dan setiap bulannya selalu ada update terbaru terhadap algoritma ini, dan Panda. Setiap update difokuskan untuk subjek tertentu yang mempengaruhi cara penentuan ranking. Misalnya fokus dari algoritma Panda adalah menyaring konten-konten berkualitas rendah dan dupikasi, sedangkan fokus dari Penguin lebih pada backlink tidak wajar yang dianggap sebagai tindakan memanipulasi ranking search engine. 8. Link yang tidak wajar (Unnatural Links) Penguin mengenakan sanksi yang berat untuk situs yang dianggap Google memiliki backlink2 yang tidak wajar, seperti: Paid Text Links, Comment Spam, Cloaking, dlsb. Katanya, analisis algoritma ini didasarkan pada anchor text. Apabila ketahuan kata kunci yang sama digunakan ribuan kali, dan kelihatan tidak wajar, maka situs tersebut akan dikenai penalti oleh Google. 9. Survive dari Penguin Langkah pertama menghadapi kerasnya algoritma Penguin kembali lagi pada poin ketiga. Yaitu melakukan analisis secara menyeluruh terhadap semua link yang anda pasang di website. Hapus semua link yang mengandung/mengarah ke website spam. 10. Kesimpulan Backlink itu seperti pisau bermata dua. Jika digunakan dengan bijak, maka hasilnya akan efektif. Namun anda harus berhati-hati. Kehati-hatian merupakan kunci utama untuk menghadapi algoritma Google. Kehati-hatian ini pulalah yang harus ditunjukkan pada konten anda. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas, bukan sekedar copy-paste untuk memenuhi kuota post harian anda. Selama anda tetap mengikuti pedoman Google Webmaster dan tetap fokus pada konten yang berkualitas, pelan-pelan tapi pasti website anda akan berkembang dari sisi mesin pencari. Bukankah untuk membangun sebuah gedung tinggi diperlukan pondasi yang kokoh dan tahan gempa?
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

[Tulisan baru] Potret Memotret

Tulisan : Potret Memotret
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/21/potret-memotret-2/
Terkirim : 21 Januari 2013 pada 9:49 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : foto, postaday2013
Kategori : foto

Saat ini saya memotret dengan perangkat yang sederhana. Target saya adalah memotret sebanyak-banyaknya. Kuantitas dahulu. Kualitas nanti menyusul :)

Kamera digital saya, saya set untuk memberi nama berkas (foto) sesuai dengan urutan. Berikut ini catatan kondisi nomor yang ada, yang menunjukkan seberapa banyak saya telah memotret dengan perangkat tersebut.

* Nokia N8: 1610 (nomor sempat direset ketika upgrade OS. sebelumnya dia telah mencapai sekitar 3000-an)
* Casio Exilim: 4079
* LG L5 (handphone): 50 (perangkat ini baru saya gunakan, belum sampai sebulan)

Kamera-kamera yang lain saat ini sudah tidak saya gunakan. Ada yang saya berikan kepada anggota keluarga (anak), ada yang sudah kadaluwarsa, ada yang hilang. Kalau ditambah kamera-kamera itu mungkin saya bisa mendapatkan 1000 potret lagi.

Melihat data di atas, secara total saya sudah mengambil foto lebih dari 10000 foto, meskipun pencacah (counter) yang ada saat ini belum menunjukkan hal tersebut.

Saya menganut pakem bahwa untuk belajar, kita harus sering berlatih. Maka target saya, sebesar 10000, itu bukan sesuatu yang di luar jangkauan. Bahkan sesungguhnya saya sudah melewati angka tersebut, tetapi saya akan menggunakan data yang ada saat ini saja. Saya akan terus memotret dan menambahkan angka di counter tersebut.

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/foto1605-pau-morning-1000.jpg&h=275

Pagi yang cerah di atas gedung PAU, ITB.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/21/potret-memotret-2/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Lsd3%25%25PlPQF1a2OQ%7Et_Bnhh.nOxKfqimvY%5BP%25Hq%7C%5BtnZ%3FW%267Ih

READ MORE - [Tulisan baru] Potret Memotret

Minggu, 20 Januari 2013

[Tulisan baru] Memasang Linux Mint

Tulisan : Memasang Linux Mint
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/20/memasang-linux-mint/
Terkirim : 20 Januari 2013 pada 5:14 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : IT, linux, postaday2013, Teknologi Informasi, TI
Kategori : Teknologi Informasi, TI

Komputer baru sudah datang. Dia datang kosong, tanpa sistem operasi. Sekarang kan toko komputer sudah tidak boleh lagi memasang sistem operasi bajakan. Hal ini tidak terlalu masalah dengan saya karena saya sendiri akan memasang sistem operasi Linux. Tinggal memilih Linux yang mana.

Ada tiga pilihan saya; Debian, Ubuntu, atau Linux Mint. Sebetulnya ada banyak Linux yang lain. Hanya tiga itu yang menarik bagi saya. Masing-masing punya alasan tersendiri. Sebelumnya saya hampir selalu menggunakan Debian. Untuk server, saya masih menggunakan Debian. Untuk desktop saya kemudian menggunakan Ubuntu. Nah, kali ini saya ingin mencoba Linux Mint.

Sebelumnya saya sudah memasang Linux Mint melalui virtual box di Macbook saya. Kelihatannya tampilannya lebih menarik dibandingkan Ubuntu. Saya hanya khawatir masalah dukungan (support) saja. Karena semua sebetulnya berbasis Debian, saya tidak terlalu khawatir kalau ada masalah. Worst case, saya bisa kembalikan ke Debian. Itulah sebabnya saya putuskan untuk memasang Linux Mint saja kali ini.

Pemasangan Linux Minta saya lakukan dengan menggunakan flashdisk. Komputer di-boot dengan menggunakan flashdisk melalui USB. Langsung Linux Mint hidup secara live. Kemudian saya tinggal memilih "Install Linux Mint" dan semuanya selesai.

Saya hanya menemukan satu masalah dalam instalasi Linux Mint ini, yaitu dia langsung menggunakan seluruh partisi hardisk saya (500 GB). Wah. Padahal biasanya saya mempartisi disk tersebut menjadi beberapa partisi. Alasan saya adalah kalau ada masalah (crash, tidak konsisten, dan sejenisnya) maka memperbaikinya (melalui fsck) maka tidak semua disk yang harus dibenahi. Paling-paling partisi yang bermasalah saja yang perlu di-fsck dan ini menghemat waktu.

Setelah terpasang, saya hanya perlu kembali memboot komputer dengan flashdisk instalasi lagi dan mengubah (resize) partisi dengan menggunakan program GParted yang sudah ada di menu Linux Mint. Beres.

Yang saya sukai dari pemasangan Linux Mint adalah kemudahan dan kecepatannya. Biasanya untuk memasang Debian atau Ubuntu saya harus mengambil (download) ini dan itu. Akibatnya proses instalasi dapat berlangsung semalaman. Maklum link internet saya kan terbatas. Linux Mint tidak demikian. Semuanya sudah terpasang. Tentunya nanti akan ada software yang akan saya pasang lagi, tetapi ini tidak dilakukan secara default. Setidaknya, saya sekarang sudah dapat bekerja. Ini saya langsung ngeblog :)

Jika tidak ada masalah dalam satu dua hari ke depan, maka saya akan menggunakan ini sebagai OS default. Data dari disk yang lama akan saya pindahkan ke sini. Saya mulai bekerja dengan menggunakan ini.

Kesimpulan, saya menyukai Linux Mint ini.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/20/memasang-linux-mint/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=LQh4%5DRTGjm35gxjREVWmvv6ptafbrdTSmuhpwcRGLe8cUbJ_4O

READ MORE - [Tulisan baru] Memasang Linux Mint

Sabtu, 19 Januari 2013

[Tulisan baru] Mampus

Tulisan : Mampus
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/20/mampus/
Terkirim : 20 Januari 2013 pada 8:34 am
Penulis : Budi Rahardjo
Kategori : Curhat

Semalam mau mengakses blog ini tetapi tidak bisa. Tidak tahu ada apa dengan wordpress. Atau mungkin juga jaringannya ke arah sana.

Nah pagi ini giliran twitter yang mampus. Mungkin terlalu banyak orang (Indonesia) yang cerewet ya :)

http://rahard.files.wordpress.com/2013/01/twitter-over-capacity.png&h=265

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/20/mampus/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=YssukQ%3Dl%7C-QSzIkcH_%7E-IbXJRbZFHuFIWPgSzcq7KkOv%26p9Ay

READ MORE - [Tulisan baru] Mampus

[Tulisan baru] Komputer Baru

Tulisan : Komputer Baru
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/20/komputer-baru/
Terkirim : 20 Januari 2013 pada 6:32 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, postaday2013, Teknologi Informasi
Kategori : Curhat, Teknologi Informasi, TI

Saat ini saya menggunakan komputer pinjaman sebagai desktop komputer saya. Waktunya untuk membeli komputer desktop komputer sendiri. Akhirnya kami kemarin membeli.

Sudah lama saya tidak mengikuti dunia perkomputeran. Saya tidak tahu spek komputer yang seharusnya saya beli. Saya ingin komputer desktop yang dapat saya gunakan untuk bekerja, utamanya untuk membaca berbagai dokumen, membuat dokumen, membaca email, dan seterusnya. Untuk spek ini sepertinya komputer apa saja dapat digunakan ya?

Saya sendiri sih inginnya punya Mac yang besar sebagai desktop, tetapi saya tidak terlalu suka dengan cara Apple mengunci sistem operasinya. Kalau sudah tidak didukung, tewaslah. Saya punya Mac mini, yang sudah tidak didukung lagi. Akhirnya Mac mini saya pasangi Debian saja. Itu pun sudah susah sekali. Maksudnya aplikasi yang saya butuhkan juga sudah ketinggalan jaman. Misalnya, Firefox yang saya gunakan sudah kadaluwarsa sehingga setiap mengakses situs web selalu dimarah-marahi karena menggunakan browser yang kadaluwarsa.

Pilihan sistem operasi Windows tidak terlalu menarik. Saya tidak terlalu suka dengan desain dari Windows, tapi sebagai container untuk aplikasi saja kan semestinya tidak apa-apa. Ya okelah nanti saya akan minta dipasangkan Windows oleh kampus.

Saya akan pasang Linux saja. Sip.

Hardware? nah itu yang saya masih bertanya-tanya. Akhir saya beli sistem rakitan berbasis AMD A8. Kemarin komputernya diantar ke rumah. Eh, ternyata memorinya salah. Saya minta 8GB tetapi hanya terpasang 2GB. Saya coba pasang Debian dan Linux Mint tetapi nampaknya ethernet card-nya tidak dikenal. Saya lihat di BIOS jenis ethernetnya adalah Atheros. Hanya saya tidak tahu bagaimana menguji jalan atau tidaknya. (Kan komputer ini datang kosong tanpa OS. Saya hanya bisa menguji via BIOS-nya saja.) Nampaknya hari ini saya harus ke tokonya lagi. Wah bolak balik begini.

Singkatnya ... saya masih belum punya komputer baru.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/20/komputer-baru/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=DCL-mq.ju0GAvi16Psei_r%7ClEP%2CvI3SoFmTWzaQPxWB%25%7Ery%5D

READ MORE - [Tulisan baru] Komputer Baru

Jumat, 18 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Memikat Pengunjung Toko Online Agar Mau Membeli

Posted: 17 Jan 2013 09:59 PM PST

Bagi pemilik toko online, mungkin anda seringkali menjumpai pengunjung yang banyak bertanya, tetapi pada akhirnya tidak melakukan pembelian. Nah, kali ini saya akan mengulas mengenai cara efektif mengkonversikan mereka menjadi pembeli. Dalam prakteknya nanti, peran CS akan sangat dibutuhkan. Semoga bermanfaat 1. Ikuti alur pembicaraan mereka Jika si penanya adalah orang yang suka bercerita, maka ikuti dulu alur ceritanya. Anda harus menjadi pendengar atau teman curhat yang baik. Tahan diri dulu untuk mengatakan "tidak", namun ikuti terus alur ceritanya dan dukung dengan kata-kata yang menguatkan argumen si penanya. Setelah si penanya selasai, baru anda boleh tawarkan produk Anda yang ada hubungannya dengan cerita si penanya. Misalnya apabila Anda berjualan kerajinan kulit, dan si penanya tersebut sedang curhat tentang pertengkaran dengan pasangannya, maka kemudian anda bisa tawarkan sepatu kulit yang elegant dengan alasan sebagai hadiah rujuk paling pas bagi sang pasangan. 2. Bandingkan mereka dengan customer lain Jika si penanya tidak begitu yakin dengan toko online Anda dan kekeuh bertanya, Anda bisa yakinkan si penanya tersebut dengan membuat perbandingan dengan client yang puas dengan produk Anda. Contohnya: "Kemarin ada orang pekanbaru pesan produk sepatu kulit yang sama persis dengan yang ibu inginkan. Hari ini beliau sms kalau produknya pas dan berkualitas bagus. Jadi Anda tidak perlu ragu dengan produk yang kami jual". Terlepas dari benar / tidaknya cerita tersebut, yang penting anda harus bisa meyakinkan si penanya. Kalaupun cerita tersebut rupanya hanya karangan belaka (white lie), maka saya harap produk anda kualitasnya memang benar-benar bagus dan anda yakin bahwa customer tersebut nantinya puas dengan produk Anda, atau anda harus siap dengan konsekuensinya. 3. Cari kesamaan dengan si penanya Hampir sama dengan point nomor 2, Jika si penanya masih belum yakin dengan toko online Anda, carilah persamaan antara anda dengan si penanya. Atau, anda bisa sedikit mengarang. Contohnya: "Saya juga orang yang suka pergi ke mall seperti Anda, dan ketika saya memakai sepatu kulit yang sama seperti yang Anda pesan, tanggapan dari teman-teman saya sangat positif. Bahkan ada yang langsung beli ke saya dengan model yang sama". Tetapi sekali lagi saya tekankan, kualitas produk anda memang harus benar-benar bagus di sini. 4. Sedikit gertakan tidak akan menyakitkan Gertakan disini bukan berarti membentak si penanya tersebut. Gertakan disini berarti iming-iming yang bisa anda berikan agar si penanya segera membeli saat itu juga. Bisa berupa diskon, merchandise, atau hal lain yang bisa membuat si penanya tersebut interest untuk segera melakukan pembayaran. Contoh: "Jika Anda membayar hari ini sebelum jam 4 sore, barang bisa dikirim langsung hari ini juga." Jadi, bagaimana dengan cara Anda?
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

[Tulisan baru] Budaya Repost

Tulisan : Budaya Repost
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/19/budaya-repost/
Terkirim : 19 Januari 2013 pada 7:38 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, opini, postaday2013
Kategori : Curhat, Opini

Layanan media sosial yang ada saat ini memperkenankan seseorang untuk menampilkan-ulang (repost) karya orang lain, yang dapat berbentuk foto, musik, tulisan, berita dan lain-lain. Repost ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pada tampilan ada tombol untuk "berbagi", "pin", dan sejenisnya.

Saya ingin mengambil contoh foto dulu saja. Banyak foto yang di-repost. Terus terang saya agak khawatir dengan fenomena ini. Saya khawatir lama kelamaan orang lebih memilih untuk melakukan repost daripada membuat karya original. Lama-kelamaan dia menjadi kebiasaan, kebudayaan.

Bagaimana menurut Anda?

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/19/budaya-repost/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=LaqPHI3a%26jr%2FyX5FoRi%7CAgCuGqiEtHHzYYtQqpXTRw%3DKFogyq

READ MORE - [Tulisan baru] Budaya Repost

[Tulisan baru] One book at a time

Tulisan : One book at a time
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/18/one-book-at-a-time/
Terkirim : 18 Januari 2013 pada 11:29 pm
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, postaday2013
Kategori : Curhat

Pertama, soal judul. Saya kesulitan mencari judul yang pas untuk tulisan ini. Yang terpikir di kepala saya ya judul ini. Dalam bahasa Inggris. Saya kesulitan untuk mencari kata-kata yang sama dalam bahasa Indonesia.

Ceritanya saya baru selesai membaca satu buku. Tidak ada yang aneh tentang itu tentunya. Bahkan untuk sebagian orang hal ini merupakan hal yang biasa. Namun bagi saya ini sebuah kemajuan setelah lama sekali saya tidak menyelesaikan bacaan saya. Satu buku selesai merupakan sebuah prestasi untuk saat ini.

Next book, please ...

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/18/one-book-at-a-time/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=LCSmFKKeE%3DYCc%3DH%251WO%5DtX9F.j8d4%3FmM%2B.wukuU_ra9VM%2F2h%5D%2C

READ MORE - [Tulisan baru] One book at a time

Kamis, 17 Januari 2013

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

New on Blog Jagoan Hosting Indonesia


Halaman “404 Not Found” yang Unik dan Kreatif

Posted: 16 Jan 2013 09:20 PM PST

Ketika membuka sebuah halaman, Anda mungkin pernah menjumpai halaman 404 yang menyatakan bahwa halaman yang sedang anda akses tidak ditemukan. Rupanya banyak sekali administrator yang secara kreatif menghias halaman 404 ini sedemikian rupa agar jadi lebih menghibur. Kenapa ini penting? Ketika searching sebuah halaman, anda tentunya berharap bisa mendapat hasil yang dicari. Nah, bayangkan perasaan pengunjung anda jika mereka tidak mendapatkan hasil yang dicarinya dari halaman anda. Entah karena anda telah melakukan penghapusan content, perubahan struktur permalink, kesalahan penulisan, dlsb. Menurut anda, bagaimana jika halaman 404 tersebut disulap menjadi lebih menarik? Nah, berikut beberapa website yang pernah mengubah halaman 404 nya jadi lebih entertaining: 1. Kaskus.co.id 2. Springload.co.nz 3. Southparkstudios.com 4. Nosh.com 5. Hendrikhedegaard.com 6. Epat.songolimo.net 7. Catalysstudios.co.uk Bagaimana dengan halaman 404 anda?
READ MORE - New on Blog Jagoan Hosting Indonesia

Rabu, 16 Januari 2013

[Tulisan baru] Mengapa Menulis

Tulisan : Mengapa Menulis
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/17/mengapa-menulis/
Terkirim : 17 Januari 2013 pada 11:55 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, Menulis, postaday2013
Kategori : Curhat, Menulis

Saya sering bertanya-tanya pada diri sendiri mengapa saya menulis. Apakah saya ingin menjadi penulis? Ingin juga sih. Ingin menjadi penulis novel yang keren. Tapi setelah membaca biografinya Emha Ainun Nadjib dalam bukunya "Tuhan Pun Berpuasa" saya mempunya jawaban yang lebih jelas.

> "Dalam hal menulis, Cak Nun berpinsip menulis bukanlah untuk menempuh karir sebagai penulis, melainkan untuk keperluan-keperluan sosial."

Ah. Jawaban itu cocok dengan yang saya lakukan saat ini.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/17/mengapa-menulis/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=LSUHR%5DvdbXh9IRbIIwvZjz%3FazXoujEcUcee%2FyPGsqKeY76BFm

READ MORE - [Tulisan baru] Mengapa Menulis

[Tulisan baru] Alasan Tidak Ngeblog

Tulisan : Alasan Tidak Ngeblog
URL : http://rahard.wordpress.com/2013/01/17/alasan-tidak-ngeblog/
Terkirim : 17 Januari 2013 pada 11:50 am
Penulis : Budi Rahardjo
Tag : Curhat, postaday2013
Kategori : Curhat

Kemarin saya tidak ngeblog. Padahal komitmen saya (pada diri sendiri) adalah ngeblog setiap hari. Setelah saya perhatikan ada beberapa alasan saya tidak ngeblog. Yang pertama adalah tidak sempat. Ini disebabkan karena kesibukan (seriously), sakit, atau kecapekan. Itu alasan saya.

Alasan-alasan di atas itu di luar kendali saya. Atau sebetulnya saya masih bisa ngeblog tapi saya hanya mencari alasan untuk tidak melakukannya? Jujur! Hmmm... Rasanya sungguhan itu alasannya.

Komentari tulisan ini: http://rahard.wordpress.com/2013/01/17/alasan-tidak-ngeblog/#respond

--
WordPress.com | Terima kasih karena terbang bersama WordPress!

Kelola Langganan
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com

Unsubscribe:
https://subscribe.wordpress.com/?key=a0fc9e41a307294695c0b95279fb2930&email=ijobenz1.hikari%40blogger.com&b=Lahk_p8s4JJde4Y7SAaqkKZOFnwRx%26-7%5De3c%3DnKyw5TVc%3DVW.i

READ MORE - [Tulisan baru] Alasan Tidak Ngeblog